Cara Daftar Saham di Idx Mudah

Cara Daftar Saham di Idx Mudah

Cara Daftar Saham di Idx. Investasi merupakan kegiatan yang selalu menarik untuk kita bahas.Banyak sekali instrumen yang dapat anda pilih untuk berinvestasi.

Mulai dari emas antam, foreign exchange, dan lain-lain. Anda juga pasti tahu yang paling terkenal adalah saham.

Nah, kali ini anda akan mengetahui bagaimana cara daftar saham di Idx dengan mudah dan praktis.

Mengenal Idx

Idx sendiri adalah bursa efek Indonesia dengan nama lain Indonesia Stock Exchange. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1912 dan mengalami beberapa kali perubahan nama.

Idx atau BEI ini adalah sebuah pasar yang akan mempertemukan calon investor dengan perusahaan sekuritas untuk melakukan jual beli saham efek.

Secara sempitnya, anda adalah calon investor yang nantinya akan berinvestasi atau membeli saham dari perusahaan sekuritas.

Kampanye Yuk Nabung Saham

Sebagai bursa efek Indonesia, Idx menggalakan sebuah program Yuk Nabung Saham untuk memberi kesempatan masyarakat berinvestasi.

Program ini mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan kegiatan investasi saham dengan mudah melalui Idx.

Perlu anda ketahui pula, pada negara maju. Masyarakatnya banyak yang menyimpan uang dalam bentuk saving dan investasi.

Cara Daftar Saham di Idx

Jika anda bertanya bagaimana cara daftar saham di Idx? Caranya sangat mudah.

Pertama, Persiapkan Hal Berikut

Sebelum melakukan pendaftaran, alangkah baiknya anda menyiapkan apa yang akan diperlukan nanti. Nah, pada cara daftar saham di Idx pun anda harus menyiapkan sejumlah dokumen.

Dokumen yang harus anda persiapkan adalah dokumen pribadi yaitu KTP. Setelah KTP, anda harus menyiapkan buku tabungan untuk memudahkan proses transaksi penyetoran serta penarikan.

Jika anda mempunyai NPWP, anda juga harus mencantumkannya ya teman-teman. Jika tidak punya, anda tidak perlu mendadak bikin NPWP. Karena sifatnya opsional.

Kedua, Isi Form Pendaftaran Saham

Setiap pendaftaran pasti mengharuskan seseorang mengisi sebuah formulir atau angket yang berisi data-data tertentu. Data ini berguna untuk pendaftaran yang nantinya akan Idx input secara online.

Nah, untuk membuka rekening saham pada Idx anda perlu melampirkan dokumen yang telah anda siapkan. Dokumen tersebut berupa fotocopy KTP, fotocopy NPWP, fotocopy halaman depan tabungan, dan terakhir materai 6.000 dua buah.

Setelah selesai anda akan mendapat rekening efek yang berfungsi untuk transaksi jual beli efek pada proses investasi.

Ketiga, Tentukan Perusahaan Sekuritas

Selanjutnya pilihlah perusahaan sekuritas atau perusahaan broker efek yang telah terawasi oleh OJK. Perusahaan sekuritas ini banyak sekali.

Anda dapat memilih perusahaan mana yang anda inginkan. Anda juga dapat memilih perusahaan sesuai dengan nama kota tertentu ataupun yang tersedia pada semua kota.

Contoh dari perusahaan sekuritas adalah BCA sekuritas, BNI sekuritas, Kresna Securities, dan lain sebagainya.

Keempat, Setor Modal

Setelah memiliki rekening efek dan memilih perusahaan sekuritas. Anda harus menyetor sejumlah dana atau modal untuk berinvestasi.

Modal ini nantinya adalah modal untuk membeli saham. Modal ini pun biasanya anda sebut dengan deposit. Deposit ini berbeda-beda tergantung pada perusahaan sekuritas yang anda pilih.

Dana awal ini akan anda setor pada rekening dana investor.

Kelima, Nikmati Investasi Saham

Terakhir, mulailah berinvestasi. Pelajari instrumennya dan nikmati return yang terus mengalir pada rekening anda.

Itulah cara daftar saham di Idx atau BEI. Mudah bukan? Yuk kita mulai berinvestasi. Selain menguntungkan, investasi juga dapat menjamin anda secara ekonomi.

Semoga Informasi ini bermanfaat dan terima kasih.