Cara Jitu Agar Trading Harian Saham Sukses

Cara Jitu Agar Trading Saham Harian Sukses

Trading Saham – Berpatokan kepada KBBI, trading sendiri memiliki arti “Perdagangan”. Pelaku dari kegiatan trading ini disebut sebagai trader yang bertugas sebagai pemantau lajunya pergerakan saham.

Secara sederhananya, trading saham dapat dikatakan sebagai perdagangan saham jangka pendek yang dapat diselesaikan dalam hitungan hari. Trading dan investasi sebenarnya memiliki kemiripan, namun terdapat sedikit perbedaan pada rentang waktu untuk mendapatkan keuntungan.

Jika dalam investasi membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mendapatkan keuntungan, berbeda dengan trading yang bisa memberikan keuntungan dalam jangka waktu singkat. Dengan jangka waktu yang singkat ini, membuat para trader bisa mendapatkan keuntungan besar. Jika kamu tertarik untuk melakukan trading ini, berikut saya jelaskan cara jitu agar tranding saham harian kamu sukses :

BACA JUGA : Jam Trading di Indodax Profit Banyak

1. Ukur Kemampuan Tradingmu

Sebelum memulai menekuni dunia trading, kamu harus memahami serta mengetahui tingkat kemampuan dan pengetahuanmu pada dunia trading. Ini merupakan modal pertama yang akan mengarahkan kamu menuju pencapaian serta keberhasilan.

Sebab itu jika kamu merasa bahwasanya pengetahuan dan kemampuan mau masih kurang. Alangkah baiknya kamu meningkatkan kualitas wawasan diri terlebih dahulu dan fokus mempelajari istilah-istilah dasar yang terdapat pada trading.

2. Mulai dari Nominal Kecil

Ketika ingin menekuni dunia trading saham, kamu tidak perlu terburu-buru dahulu untuk mendapatkan keuntungan besar. Untuk menghindari resiko kerugian yang besar, alangkah baiknya kamu memulai dengan nominal kecil. Jangan pernah menggunakan seluruh modal atau dana yang ada untuk satu kali transaksi.

Tujuan lain dari penggunaan modal dengan nominal kecil ketika awal bermain ialah untuk melihat bagaimana gambaran kondisi saat ini. Karena kamu masih pemula, penting rasanya kamu memahami terlebih dahulu gambaran kondisi saat mulai menekuni dunia terdingin saham. Hal ini sekaligus berguna untuk mengukur seberapa besar peluang yang akan kamu dapatkan.

3. Gunakan Perusahaan Sekuritas yang Tepat

Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan resmi yang telah mendapatkan izin usaha dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pilihlah dan amati secara detail perusahaan sekuritas yang memiliki kredibilitas berupa izin resmi yang diterbitkan oleh OJK. Pastikan juga bahwasanya perusahaan sekuritas tersebut memiliki track record yang baik dalam dunia usaha perdagangan efek.

BACA JUGA : Cara Nabung Saham 100 Ribu Per Bulan Agar Cuan

4. Pilihlah Trading Saham Dengan Pergerakan yang Stabil

Sebagai pemula sebisa mungkin hindarilah pergerakan saham yang begitu dinamis. Trading yang bergerak fluktuatif dan dan naik turun secara cepat akan berimbas pada tingginya resiko trading.

Bagi trader pemula sangat disarankan untuk memilih saham dengan pergerakan yang cenderung stabil. Tingkat pemahaman yang masih rendah akan memicu kesalahan ketika kamu melakukan trading karena sulitnya memahami grafik.

5. Melakukan Teknik Cut Loss

Cut loss atau potong rugi merupakan sebuah teknik dalam dunia trading yang berguna untuk meminimalisir kerugian berupa turunnya harga saham. Seorang trader harus melakukan cut loss ketika merasa keadaan sudah di posisi menguntungkan.

Maksudnya kamu harus menjual saham yang sudah dibeli sebelumnya, ketika harga saham tersebut sudah meningkat sebesar 10% – 20%. Walaupun Teknik ini memberikan sedikit keuntungan, namun itu terbilang cukup daripada kamu harus menghadapi kerugian. Setidaknya kamu tetap mendapatkan keuntungan dari teknik cut loss ini, daripada tidak mendapatkan keuntungan sama sekali.

BACA JUGA : Cara Mengatahui Market Indodax yang Bagus

Penutup

Pergerakan di dunia trading saham harian sangatlah sulit untuk diprediksi bagaimana kedepannya. Sebab itu penting rasanya kamu selalu melakukan pemantauan agar mengetahui pergerakan trading saham secara real Time. Dengan demikian kamu akan lebih mudah memahami bagaimana itu ASI yang terjadi saat itu ketika ingin menjalankan trading saham.