Memahami Definisi Margin Trading Secara Lengkap

Memahami Definisi Margin Trading Secara Lengkap

Definisi margin trading adalah metode trading saham dengan menggunakan dana yang disediakan oleh pihak ketiga. Pihak ketiga yang dimaksud adalah perusahaan broker. Dari sisi perusahaan broker, margin trading adalah fasilitas bagi para investor sebagai nasabahnya.

Bagi orang awam, istilah margin trading mungkin masih sangat asing, namun bagi investor saham tentunya sudah populer. Meminjam dana dari perusahaan tentunya akan menambah modal dalam membeli saham.

Investor tidak perlu khawatir dengan keterbatasan modal yang dimiliki. Sebab, ada fasilitas margin trading yang selalu siap mengcover pembelian saham dengan baik. Trading saham dengan margin trading sudah merupakan fasilitas dari perusahaan sekuritas.

Definisi margin trading dalam forex trading pada dasarnya sama, yaitu cara trading menggunakan modal pinjaman. Transaksi jual beli mata uang tidak harus berupa uang fisik, tetapi bisa nilainya.

Cara Kerja Margin Trading

Fasilitas margin trading memungkinkan investor untuk membeli saham di luar kemampuan modalnya. Karena sebagian modal diperoleh dari pinjaman perusahaan efek yang mana investor yang bersangkutan membuka rekening atau menjadi nasabah.

Hal ini terkait dengan konsep rasio leverage, yaitu rasio atau perbandingan antara dana investor sendiri dengan dana pinjaman dari perusahaan efek sebagai perantara. Posisi long mencerminkan asumsi bahwa harga saham akan naik, sedangkan posisi short mencerminkan sebaliknya.

Sedangkan posisi margin terbuka menjadi jaminan atas modal pinjaman. Hal ini penting untuk investor pahami, karena perusahaan efek sebagai broker berhak memaksakan penjualan saham yang menjadi aset investor jika pasar menunjukkan pergerakan yang berlawanan dengan posisinya, dan tentunya dalam ambang batas tertentu.

Investor saham wajib membayar margin sesuai ketentuan. Jika investor wanprestasi atau gagal membayar utangnya, kepemilikan aset berupa saham secara otomatis akan menjadi likuidasi untuk menutupi kerugian.

Untung dan Rugi Margin Trading

Saham merupakan salah satu jenis investasi yang memiliki risiko besar dan tingkat pengembalian yang besar atau yang kita kenal dengan high risk high return. Hal ini juga berlaku untuk pembelian saham dengan menggunakan metode margin trading/Definisi Margin Trading

Investor mempunyai peluang besar untuk mendapatkan tingkat keuntungan yang sangat besar, karena nilai relatif dari posisi trading yang mereka dapatkan juga lebih besar. Tidak hanya peluang profitnya, karena dalam margin trading juga ada resiko kerugian.

Setiap penurunan harga saham meskipun relatif kecil dalam pasar saham dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi investor. Oleh karena itu, untuk meminimalkan kerugian, investor harus dapat menerapkan strategi manajemen risiko dan menggunakan alat mitigasi risiko yang tepat.

Perhitungan Transaksi

Meski margin memudahkan investor untuk berinvestasi, bukan berarti kemudahan menjadi keuntungan bagi investor. Artinya, jika investor telah melakukan perdagangan dengan sistem margin, mereka pasti akan mendapatkan keuntungan.

Ingat, perdagangan margin adalah cara bagi perusahaan broker berjangka untuk memperluas klien mereka. Jika investor memanfaatkan margin trading, berarti investor telah memutuskan untuk berinvestasi. Dengan investasi itu, ada risiko bawaan yang harus menjadi tanggungan.

Margin trading merupakan strategi investasi yang mendekati spekulasi. Sebab, jika terjadi kerugian pada investasi dengan sistem margin ini, maka akan menciptakan nilai yang lebih besar daripada investasi dengan sistem fisik/trading tunai.

Jadi, agar dapat memanfaatkan margin trading dengan optimal, memerlukan teknik perhitungan yang rumit. Sekian ulasan tentang definisi margin trading yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat.